Tips dalam merawat kain flanel
by saatsantai
 Blogria
Aug 27, 2017 | 2031 views | 0 0 comments | 48 48 recommendations | email to a friend | print | permalink

Perawatan kain flanel baik yang masih dalam keadaan lembaran ataupun sudah berupa kreasi itu terbilang gampang-gampang susah. Dengan karakteristik yang dimiliki kain flanel yaitu berserta. Pada saat tidak melakukan perawatan yang baik serta benar maa kain flanel akan mudah kusut dan lusuh. Bagi kamu sebagai penggemar kain flanel tidak usah khawatir, karena pada postingan kali ini kami akan memberikan sedikit informsi mengenai cara perawatan kain flanel yang baik benar, yaitu sebagai berikut:

1. Merawat kain flanel pada saat kain flanel sudah mulai kotor dapat dilakukan pembersihan dengan cairan pembersih yang tepat sehingga kain flanek akan menjadi lebih tahan lama serta awet.

2. Pada saat merendam kain flanel di dalam cairan pembersih janganlah terlalu lama, apabila terlalu lama akan berakibat warna kain flanel dapat memudar.

3. Jangan sesekali kain flanel disikat menggunakan sikat yang kasar, sikarlah dengan memakai bulu sikat yang lembut sehingga tekstur yang terdapat pada serat kain flanel tidak cepat kusut dan berbulu ataupun dalam istilah jawa “mbrubur”.

4. Hal yang terpenting juga dalam perawatan kain flanel yaitu ketika mencuci kain sebisa mungkin jangan menggunakan pemutih. Hindari.

5. Setelah dalam proses mencuci sudah selesai maka diangin-anginkan atau dijemur. Dalam hal ini perlu dicatat bahwasanya merawat kain flanel yaitu jangan menempatkan kain pada waktu menjemur tepat atau terkena matahari secara langung karena hal tersebut akan membuat warna kain flanel akan memudar.

Itulah tips pertama dalam merawat kain flanel agat tidak mudah kusut atau rusak. Dan kali ini kami akan sedikit membagi ilmu mengenai merawat produk atau koleksi kain flanelmu, yaitu sebagai berikut:

1. Apabila kain telah agak berbulu, maka guntinglah secara perlahan serta sedikit demi sedikit supaya kain tidak berlubang.

2. Produk atau pajangan dari kain flanel dibersihkan secara berkelanjutan agat tak berdebu dengan cara dikibas-kibaskan atau pun dapat dibersihkan dengan penyedot debu.

3. Janganlah mewarnai kain flanel.

4. Kain flanel yang terkena noda serta kamu harus dicuci? Berikan sedikit sabun/shampoo pada noda serta rendamlah sebentar dengan menggunakan air hangat.

5. Ada baiknya mencuci kain dengan menggunakan tangan serta hindari memakai produk pemutih karena akan membuat warna kain memudar.

6. Jangan menyikat memakai sikat kasar, sikatlah dengan memakai bulu sikat yang lembut atau spon pencuci piring supaya terkstur dari serat kain flanel tidak kusut ataupun berbulu.

7. Keringkan kain flanel yang terlalu basah yaitu dengan cara menekan-nekannya dengan kain kering atau handuk. Jangan diperas karena bisa membuat kain menjadi melar.

8. Ketika menjemur kain flanel yang bash, cukup diangin-anginkan saja. Kain flanel akan cepat mengering tanpa harus menjemurnya dibawah sinar matahari. Menjemur kain flanel dibawah sinar matahari bisa membuat warna kain memudar loh.

9. Kamu pun dapat menyetrika kain flanel dengan suhu atau dapat kamu alasi dengan memakai kain tipis terlebih dahulu sebelum menyetika.

Bagi teman-teman yang ingin belajar bagaimana membuat bunga dari kain flanel, baca selengkapnya cara membuat bunga mawar dari kain flanel

Itulah sedikit tips dan trik mengenai tentang perawatan kain flanel yang kamu bisa terapkan untuk menjaga kain flanel serta kreasi yang kamu hasilkan dapat tetap awet serta warnanya tidak pudar dalam waktu yang cukup lama.

Comments
(0)
Comments-icon Post a Comment
No Comments Yet